Minggu, 14 Februari 2010

PLUS MINUS FACEBOOK

NAMA : ERMALIA WINDASARI

KELAS : 3DB01

NPM : 32107146

PLUS MINUS FACEBOOK

Seiring perkembangan zaman, teknologipun semakin canggih dan mutakhir. Di era globalisasi yang menuntut manusia untuk semakin kompetitif dan mengikuti perkembangan, teknologi menjelma menjadi salah satu kebutuhan penting untuk sebagian besar masyarakat. Segala macam aspek kehidupan sebagian besarnya terjamah oleh kecanggihan teknologi. Salah satu contohnya yang dapat saya uraikan disini adalah perkembangan internet. Dalam opini ini, saya membatasi permasalahan hanya dengan menyoroti salah satu jejaring sosial yaitu facebook.

Facebook adalah salah satu aplikasi internet yang menjadi alat komunikasi dalam dunia maya. Di facebook kita bisa mendapatkan banyak teman yang berasal dari dalam dan bahkan hingga ke luar negeri, yang sama-sama tergabung dalam facebook. Dengan facebook kita bisa menemukan teman lama yang telah lama tidak kita jumpai. Dengan facebook kita bisa dengan mudah mencari dan berkenalan dengan orang-orang baru. Bisa menambah sahabat tentunya. Di facebook kita bisa berhubungan langsung dengan orang lain tanpa mengenal batas ruang, waktu dan tempat. Kapanpun dan dimanapun bisa saling mengisi. Pengalaman pribadi tentunya. Dengan facebook kita bisa curhat, bercanda, sampai marah-marah. Kita juga dapat menggambarkan suasana hati kita saat ini dan apa yang sedang kita lakukan. Kita juga bisa berhubungan langsung dengan orang lain didunia maya melalui chatting. Chattingan tiap hari tidak akan membosankan bagi facebookers.

Manfaat facebook selain dapat menambah teman, kita juga bisa mencari lowongan kerja di berbagai perusahaan dengan mengakses atau join di group yang dibuat oleh perusahaan tersebut. Bisa juga bergabung dengan forum-forum resmi seperti komunitas pencinta lingkungan hidup, bidang studi yang digeluti, forum kajian dan sebagainya. Kesimpulannya, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari jejaring sosial seperti facebook ini, bila diakses dengan tujuan yang positif. Selain segudang manfaat dari facebook, facebook juga memiliki kekurangan yang berdampak negatif tentunya bagi masyarakat. Itu dikarenakan penyalahgunaan terhadap facebook, memanfaatkan fungsi facebook ini untuk kepentingan yang tidak penting dan merugikan.

Berikut ini beberapa kekurangan dari facebook yang dapat saya paparkan. Tapi sebelum itu saya mencoba untuk mengingatkan beberapa peristiwa penculikan remaja putri yang dilakukan oleh teman prianya yang saling mengenal lewat facebook. Seperti kasus Nova dan Ari. Nova remaja putri asal Sidoarjo tersebut dibawa lari oleh Ari teman prianya yang dikenal Nova lewat facebook. Ari mengaku selama beberapa hari bersama Nova sudah melakukan hubungan suami istri. Untungnya kasus ini cepat tercium oleh kepolisian. Dan keduanya sedang diproses di kantor polisi. Itu adalah salah satu dari beberapa kasus kejahatan yang ditimbulkan dari penyalahgunaan facebook. Masih banyak kasus kejahatan lain seperti sindikat penculikan ABG untuk dijadikan PSK dengan memanfaatkan situs jejaring sosial ini. Pelakunya memanfaatkan facebook dengan cara memasang foto-foto korbannya kemudian bertransaksi dengan orang yang berminat pada remaja putri yang terdapat dalam foto. Semua Kejahatan itu berlangsung lewat facebook dan dilakukan oleh remaja putri yang baru berumur 20 tahun. Luar biasa.

Kejahatan lewat facebook seperti diatas sebenarnya dapat dicegah dan dihindari. Tentunya dimulai dari diri kita sendiri. Kita harus membentengi diri kita dengan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan iman yang kokoh insyaallah kita tidak akan mudah terpengaruh oleh ajakan dan bujukan orang-orang yang bermoral rendah. Selain itu pengawasan dan perhatian dari keluarga juga berperan besar untuk mengatasi masalah ini. Dan yang paling penting adalah kerjasama dari masyarakat dan aparat dalam menuntaskan masalah ini.

Ada beberapa poin yang dapat kita simpulkan dari opini ini. Poin pertama, faktor keimanan yang menjadi dasar untuk tidak menyalahgunakan pemanfaatan kemajuan teknologi. Poin kedua, harus ada batasan yang jelas untuk siapa saja yang boleh mengakses internet. Karena anak-anak usia muda rata-rata belum punya keimanan dan keilmuan yang kuat untuk bisa membetengi dirinya dari kejahatan teknologi. Poin ketiga, harus ada aturan yang jelas bagi pengguna internet, khususnya jejaring sosial yang menyalahgunakan pemanfaatannya sehingga akan ada efek jera bagi oknum yang melanggarnya. Poin keempat, untuk para orang tua harus mengikuti perkembangan teknologi dan mendampingi anaknya supaya bisa mengontrol kegiatan anak di dunia maya.

1 komentar:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    BalasHapus