Selasa, 20 April 2010

PENGGUNAAN APLIKASI PROGRAM HOME DESIGNER SUITE 6.0 UNTUK PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN TATA LETAK RUANGAN DI INSTALASI RADIOLOGI

Nama : Ermalia Windasari

Kelas : 3DB01

NPM : 32107146

Materi : Persiapan Tempat Dan Tata Letak

PENGGUNAAN APLIKASI PROGRAM HOME DESIGNER SUITE 6.0 UNTUK PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN TATA LETAK RUANGAN DI INSTALASI RADIOLOGI

A.Pendahuluan

Instalasi Radiologi adalah salah satu instalasi penunjang medis di suatu rumah sakit. Keberadaan instalasi radiologi ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu menegakkan diagnosa. Selain ketersediaan prasarana dan peralatan penunjang diagnostik yang memadai, tata letak ruangan di instalasi radiologi merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan demi kelancaran dan efektifnya suatu pelayanan.

Dalam perencanaan dan pengembangan tata ruang instalasi radiologi di suatu rumah sakit, biasanya kedua hal tersebut , proses pengerjaannya dilakukan oleh seorang arsitek yang telah ditunjuk oleh pihak rumah sakit. Karena seorang arsitek tidak memiliki latar belakang ilmu radiologi, kadang-kadang hasil pengerjaan dari tata letak ruangan tersebut belum sesuai dengan standar ruang radiologi yang kita inginkan., misalnya tata letak ruang kamar gelap yang terlalu jauh dari kamar pemeriksaan, lebar pintu kamar pemeriksaan yang terlalu sempit, penempatan wastafel yang tidak sesuai, dsb.

Memang dalam proses perencanaan dan pengembangan tata letak ruangan di instalasi radiologi, pihak manajemen rumah sakit biasanya meminta saran kepada kita tentang tata letak ruangan yang sesuai dengan standar ruang radiologi. Namun jika kita dapat mempresentasikan dengan lebih detail disertai gambaran 3D tentang tata letak ruangan di instalasi radiologi seperti penempatan meja pemeriksaan, meja control, dan assesoris ruangan lainnya, tentu ini akan lebih memudahkan kita dalam mengkomunikasikan hal tersebut pada pihak manajemen rumah sakit, sehingga ketidaksesuaian pada hasil akhir pengerjaan pengembangan di instalasi radiologi dapat diatasi. Aplikasi program Home Designer Suite 6.0 adalah aplikasi program yang dikembangkan oleh perusahaan Broderband Amerika Serikat. Aplikasi program ini secara khusus didesain menganut teknologi virtual building yang dengan cepat membantu mewujudkan ide desain kita kedalam bentuk 3D. Keunggulan nyata dari perangkat lunak ini adalah selain kemampuan membuat gambar kerja (technical drawing) 2D untuk pedoman pelaksanaan pekerjaan lapangan, Aplikasi program ini juga dapat mencitrakan gambar perspektif virtual 3D berdasarkan gambar kerja yang telah kita buat.

Dalam perkembangannya aplikasi program ini dapat dipergunakan untuk perencanaan desain interior seperti tata letak ruangan, maupun desain eksterior seperti perencanaan taman bermain. Aplikasi program ini memiliki dua fungsi utama yaitu merencanakan sebuah desain bangunan berdasarkan denah atau gambar kerja 2D, dan fungsi pengembangan berdasarkan tata letak sebuah bangunan yang sudah ada, misalnya desain rumah tumbuh, merubah tata ruang interior, dll. Dalam makalah ini penulis akan lebih banyak membahas fungsi Aplikasi Home Designer Suite 6.0 untuk pengembangan tata ruang interior di instalasi radiologi.

B. Persiapan Manual

Sebelum kita menginjak pada pembahasan Aplikasi Program Home Designer Suite 6.0 untuk pengembangan tata letak ruangan di Instalasi Radiologi, ada beberapa persiapan manual yang perlu kita lakukan yaitu :
1. Mempersiapkan denah ruang instalasi radiologi.
2. Mengukur dimensi peralatan-peralatan radiologi, furniture, dan assesoris ruangan
3. Menentukan jarak peralatan-peralatan radiologi, furniture, dan assesoris terhadap letak bangunan atau ruang radiologi.
4. Memindahkan semua data manual yang sudah kita dapatkan menjadi sebuah gambar kerja.

C. Spesifikasi Komputer yang diperlukan

Pembahasan berikut akan memberikan gambaran pada kita tentang persyaratan spesifikasi hardware (perangkat keras komputer) dan sistim operasi yang harus dipenuhi untuk menjalankan Aplikasi Program Home Designer Suite 6.0.

Adapun spesifikasi komputer yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1. Sistem operasi yang diperlukan adalah Microsoft Windows XP Professional.
2. Processor Intel Pentiun 4 dengen kecepatan prossesor minimal 2 Ghz.
3. RAM (memory) sebesar 512 megabyte.
4. Ruang kosong hard disk sebesar 500 megabyte.
5. Resolusi monitor 1024 x 768 pixel.
6. VGA Card atau kartu grafis dengan memory 64 megabyte.
7. CD-ROM atau DVD-ROM Drives untuk proses instalasi program.

Beberapa kegunaan Aplikasi Home Designer Suite 6.0

Setelah penulis mendalami Aplikasi Home Designer Suite 6.0, ada beberapa kelebihan dari aplikasi tersebut dalam perencanaan dan pengembangan tata letak ruangan di instalasi radiologi, diantaranya :
1. Jika Instalasi Radiologi suatu rumah sakit mendapatkan penawaran peralatan baru oleh suatu supplier peralatan x-ray disertai brosur dan dimensi peralatan x-ray yang ditawarkan, aplikasi program Home Designer Suite 6.0 dapat membantu dalam pemilihan ukuran pesawat x-ray yang sesuai dengan ruangan yang tersedia.
2. Aplikasi program Home Designer Suite 6.0 dapat mencitrakan tampilan 3D perencanaan tata letak ruangan baru di Instalasi Radiologi secara detail, hingga tata letak, maupun ukuran furniture, dan assesoris yang sesuai dengan ruangan yang akan dibangun.
3. Aplikasi program Home Designer Suite 6.0 memudahkan kita dalam mengkomunikasikan perencanaan dan pengembangan tata letak ruangan di instalasi radiologi pada pihak managemen rumah sakit
4. Aplikasi program Home Designer Suite 6.0 membantu kita dalam perencanaan penempatan asessoris baru pada ruangan di instalasi radiologi, contoh : penempatan meja emergency pada pemerikaan kontras, penempatan alat Computer Radiography baru, dsb
5. Tampilan gambar kerja dan tampilan virtual 3D dari Aplikasi program Home Designer Suite 6.0 dapat diolah oleh aplikasi program designer lainnya seperti Adobe Photoshop dan Coreldraw,



1 komentar:

  1. Kabar untuk pencinta Game android
    Bulan ini adalah Bulan special Terliris Game baru Action Mobile
    untuk download dan mendapatkan Aplikasinya silahkan klik link ini

    Http://bit.do/game-tebaru

    BalasHapus